Koefisien Variasi

Koefisien variasi (KV) atau koefisien dispersi merupakan ukuran dispersi yang bersifat relatif, yaitu tidak bergantung pada satuan ukuran yang digunakan. Koefisien variasi digunakan untuk melihat sebaran data dari rerata hitungnya, yaitu semakin kecil nilai koefisien variasi, maka data akan semakin homogen (seragam) dan sebaliknya untuk membandingkan kerapatan dua kelompok data.
Misalkan x1, x2, …, xn adalah nilai-nilai dari suatu kelompok data dengan rerata 𝑥 ̅ dan deviasi baku 𝑠. Koefisien variasi (KV) dari sekelompok nilai tersebut sebagai berikut:

Contoh soal
Misalkan sebuah pabrik memproduksi dua jenis bola lampu, yaitu lampu A dan lampu B. Lampu A memiliki rata-rata lama hidup 1495 jam dengan simpangan baku 280 jam, sedangkan lampu B memiliki rata-rata lama hidup 1875 jam dengan simpangan baku 310 jam. Lampu manakah yang memiliki lebih besar dispersi absolut dan relatif?
(i) Dispersi absolut yang lebih besar adalah lampu B, karena nilai simpangan bakunya 310 jam lebih besar dari pada simpangan baku lampu A yaitu 280 jam.
(ii) Dispersi relatif dihitung berdasarkan koefisien variasinya:
Lampu A memiliki dispersi relatif lebih besar (18,7%) dibandingkan lampu B, sehingga sebaran data lampu A relatif lebih renggang dibandingkan dengan lampu B.

Komentar

Postingan Populer