ANOVA-1 Faktor Sel Tak Sama
ANOVA Satu Faktor Sel Tak Sama didasarkan pada ukuran dari setiap sampel yang tidak harus sama.
Gambaran:
1. Tata Letak Data
T = t1 + t2 + ... + tk
𝑋¯ = T/N
➢ Jumlah Kuadrat Total
dengan derajat kebebasan N – 1.
➢ Jumlah Kuadrat Perlakuan
dengan derajat kebebasan k – 1.
RKP = JKP/(k – 1)
➢ Jumlah Kuadrat Galat
➢ F hitung
F = RKP/RKG
3. Daerah Kritis
DK = {F | F > Fα; k − 1; N − k}
dengan Fα; k − 1; N − k adalah nilai F tabel dengan taraf signifikansi 𝛼 dan derajat kebebasan k − 1 (db pembilang, 𝑣1) dan N − k (db penyebut, 𝑣2)
4. Tabel ANOVA 1 Faktor Sel Tak Sama
JKP: Jumlah kuadrat perlakuan
JKG: Jumlah kuadrat galat
JKT: Jumlah kuadrat total
db: Derajat kebebasan
RK: Rerata kuadrat, dirumuskan RK = JK/db
RKP: Rerata kuadrat perlakuan
RKG: Rerata kuadrat galat
k: Banyak kelompok
N: Total seluruh anggota
Contoh Soal
Diberikan daftar nilai siswa dari tiga macam metode pembelajaran
Tradisional |
Jarak Jauh |
Campuran |
|||||
18 |
66 |
90 |
97 |
95 |
97 |
96 |
91 |
70 |
86 |
70 |
87 |
81 |
80 |
82 |
90 |
90 |
37 |
41 |
90 |
85 |
95 |
70 |
86 |
76 |
60 |
66 |
85 |
81 |
87 |
87 |
95 |
82 |
71 |
65 |
86 |
86 |
85 |
87 |
76 |
77 |
98 |
60 |
86 |
90 |
87 |
75 |
61 |
97 |
72 |
72 |
90 |
91 |
87 |
71 |
95 |
73 |
65 |
54 |
80 |
95 |
82 |
66 |
81 |
51 |
65 |
100 |
86 |
98 |
86 |
82 |
86 |
71 |
60 |
60 |
90 |
81 |
86 |
71 |
71 |
51 |
100 |
42 |
95 |
97 |
87 |
85 |
61 |
85 |
47 |
46 |
82 |
92 |
76 |
82 |
76 |
85 |
49 |
70 |
67 |
80 |
87 |
91 |
95 |
43 |
60 |
81 |
95 |
85 |
96 |
91 |
76 |
67 |
95 |
62 |
80 |
92 |
90 |
96 |
81 |
60 |
65 |
87 |
75 |
76 |
90 |
75 |
|
45 |
85 |
80 |
82 |
81 |
81 |
91 |
|
100 |
60 |
82 |
90 |
82 |
92 |
76 |
|
70 |
87 |
80 |
75 |
87 |
81 |
85 |
|
91 |
70 |
77 |
95 |
66 |
|||
100 |
41 |
70 |
65 |
80 |
Pengujian Hipotesis
1. Hipotesis Statistik
H0: μ1 = μ2 = μ3
H1: μi ≠ μj, (∃i ≠ j), dengan 1 ≤ i ≤ 3, 1 ≤ j ≤ 3
2. Taraf Signifikansi
α = 5% = 0,05
3. Statistik Uji
➢ Jumlah kuadrat total
➢ Rerata kuadrat galat
➢ F hitung
jika disusun ke dalam tabel, menjadi:
4. Daerah Kritis
➢ F hitung
jika disusun ke dalam tabel, menjadi:
SV |
JK |
db |
RK |
Fhit |
Perlakuan |
8826,651 |
2 |
4413,325 |
25,82865 |
Galat |
26484,75 |
155 |
170,8693 |
|
Total |
35311,4 |
157 |
DK = {F | F > F0,05; 2; 155} = {F | F > 3,054385}
5. Keputusan Uji
F = 25,82865 > 3,054385 yang berarti F ∈ DK, sehingga H0 ditolak. Ini berarti H1 diterima yaitu terdapat paling sedikit dua rerata yang tidak sama.
6. Kesimpulan
Terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar.
Perhatikan bahwa kesimpulan pengujian yang dilakukan menunjukkan terdapat perbedaan efek dari ketiga metode pembelajaran. Akan tetapi, sejauh pengujian ANOVA Satu Faktor Sel Tak Sama yang dilakukan belum dapat melihat diantara ketiga metode tersebut yang memberikan efek paling baik, yaitu nilai tertinggi.
Permasalahan tersebut merupakan suatu ‘catatan’ untuk ANOVA Satu Faktor Sel Tak Sama. Akibatnya untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan suatu uji lanjutan.
Komentar
Posting Komentar